“Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kalian untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya!” (al-Ahzab: 56).

Keistimewaan Shalawat Nabi

Keistimewaan Sholawat, Shalawat Nabi
Keistimewaan Shalawat Nabi
Shalawat kepada Nabi Saw. memiliki keistimewaan yang luar biasa. Al-Fasi dalam Syarh Dalail-nya menyatakan bahwa shalawat merupakan piranti terpenting bagi yang ingin mendekati Tuhannya. Hal ini karena ditinjau dari berbagai aspek, di antaranya;

Pertama, shalawat mengandung tawassul kepada Allah Swt. dengan perantara kekasih dan pilihan-Nya. Allah Swt. telah berfirman: "Dan carilah wasilah (untuk) rnenuju kepada-Nya," sementara tidak ada washilah kepada-Nya yang lebih dekat dan lebih terhormat daripada rasul-Nya. 


Kedua, Allah Swt. telah memerintahkan kita untuk bershalawat atas Nabi Saw., sebagai penghormatan dan penghargaan atas beliau Saw.

Ketiga, menjanjikan sebaik-baik tempat kembali bagi yang mengamalkan dan memberikan kesuksesan dengan pahala yang melimpah. 

 
Keempat, shalawat merupakan amal yang paling mudah terkabul, membuat kondisi hati menjadi bersih, dan melalui shalawat barokah-barokah diturunkan dan doa-doa dikabulkan. 

 
Kelima, dengan shalawat seseorang bisa mencapai kerelaan Tuhan Yang Maha Pengasih, mendapatkan kebahagian dan kepuasan lahir batin, diampuni segala dosa-dosanya serta mampu menapak tangga menuju tingkatan tertinggi. 

 
Pernah suatu ketika, sebagaimana diwahyukan Allah Swt. pada Rasulullah Saw., Allah bertitah pada Musa as: "Wahai Musa, apakah kamu ingin agar Aku lebih dekat kepadamu daripada kedekatan ucapan kepada lidahmu, daripada bisikan hatimu dari hatimu sendiri, daripada ruhmu ke badanmu dan daripada cahaya matamu pada matamu?” 

 
Musa as. pun menjawab: "Ya, wahai Tuhanku."

 
Lalu Tuhan berfirman: "Maka perbanyaklah membacakan shalawat untuk Muhammad Saw." 

 
Bayangkan, Nabi Musa as. yang dilahirkan lebih dulu ke dunia ketimbang Rasulullah Saw. saja diberi titah oleh Allah untuk membacakan shalawat pada Nabi Saw., tentu karena shalawat pada beliau Saw. memang demikian istimewa. 

 
Yang terpenting dari itu semua, orang yang selalu memperbanyak bacaan shalawat untuk Nabi Saw. akan mendapat penghargaan terbesar, yaitu Nabi Saw akan hadir di sisinya pada saat ia sedang menghadapi sakaratul maut.
 

Pada saat itu ia akan merasa tenang karena melihat janji Allah kepadanya: surga, bidadari, istana-istana, wildan, dan istri-istri yang siap mendampingi serta ucapan "Selamat!" dari Tuhannya yang Mahaagung lagi Maha Pengampun, seperti telah difirmankan Allah Swt.: 
 
"Mereka, orang-orang yang nyawanya diambil oleh Para Malaikat dalam keadaan baik, para malaikat itu berkata: Selarnat! Masuklah kamu ke dalam surga karena jerih payah yang telah kamu lakukan." Itulah saat di mana kebahagiaan yang tak terkira hadir menghinggapi kita. Semoga kita semua dimudahkan dalam mengamalkan bacaan shalawat Nabi yang sangat istimewa ini. Aamiin...
"Allahumma Sholli 'alaa Sayyidinaa Muhammad wa 'alaa Aali Sayyidinaa Muhammad..." Sumber: Buku Rahasia Sehat Berkah Shalawat.


Tags: keistimewaan sholawat Nabi, keutamaan shalawat nabi, bacaan shalawat nabi, bacaan shalawat nabi muhammad saw, lagu sholawat nabi, shalawat nabi mp3, download shalawat nabi, shalawat nabi muhammad saw, keutamaan shalawat, lirik lagu opick shalawat nabi, lafaz shalawat nabi.